Minggu, 10 Oktober 2010

Pergeseran Budaya Bangsa
Dulu ketika jamannya sobat semua bersekolah di tingkat dasar pasti pernah merasakan serunya nonton pertunjukan unik dari seekor monyet yang diiringi musik tradisional. Pertunjukan ini biasa dikenal dengan istilah doger monyet di daerah Jawa Barat, kalo di Jawa Tengah ledhek munyuk atau ledhek kethek. Dan ada lagi di daerah ibukota yang dikenal dengan topeng monyet.
Doger monyet saat ini merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang harus dijaga. Apalagi di jaman sekarang karena sudah jarang event doger monyet digelar termasuk didaerah saya. Entah apa show-nya doger monyet beralih dari keliling kampung, keliling kompleks perumahan hingga ke persimpangan trafficlight alias stopan.Peralihan itu menjadi bahan pertanyaan bagi sebagian orang. Mungkin bisa saja hal itu terjadi karena adanya penyempitan lahan untuk beraksi yang disebabkan pembangunan hunian-hunian oleh para tuan tanah didaerah perkampungan yang akibatnya tidak bisa disalahkan sama sekali.
Dan sepertinya peralihan itu bisa jadi merugikan, karena disamping kurang lama bisa dinikmati juga bisa mengganggu lalu-lintas menjadi macet serta mengingat penghasilan para doger monyet menjadi sedikit karena tergantung siapa yang mau melempar duit karena mayoritas orang-orang dewasa yang berada di tengah kesibukan serta dilingkungan dimana pikiran-pikiran bergerak serius.
Tapi walaupun begitu kita patut mengacungkan jempol bagi para lakon seni doger monyet disaat terjadi pergeseran mereka berpikir untuk mencari solusi. Dengan mengalihkan tempat berlaga, berarti mereka telah mencoba untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa. Semoga saja para joki monyet tersebut bisa menjadi inspirasi bagi sobat belia untuk menjaga budaya bangsa Indonesia.

1 komentar: